Thursday, March 30, 2017

Ini Perbedaan ABS, BA, dan EBD Pada Mobil

Banyak feature keamanan yang disematkan system pengereman pada kendaraan, bukan sekedar ABS (Anti-lock Braking Sistem) yang sering didengar, tetapi masihlah terdapat banyak lagi seperti yang telah mulai banyak dipakai, seperti Brake Assist (BA) serta Electronic Brake Force Distribution (EBD). Tommy Hermansyah, Product Knowledge Dept PT Toyota Astra Motor pada acara Safety Workshop menerangkan ketidaksamaan dari ketiganya atau komponen yang menghindar terjadinya kecelakaan. 



Dari mulai ABS, tehnologi ini pertama kalinya diterapkan untuk pesawat terbang supaya tak tergelincir waktu mendarat lantaran keadaan jalan yang tidak selamanya sama. Baru lalu disematkan pada kendaraan roda empat serta roda dua. Sederhananya ABS sendiri berperan untuk bikin roda tak terkunci saat pengemudi mengerem sangat dalam (force brake). 


Penguncian sangat dalam bikin roda tak dapat dibelokan kekanan atau kekiri hingga susah untuk hindari objek tabrakan. Jadi saat mobil ada ABS nya rem automatis bakal buka serta tutup, untuk menghindar mobil stuck, yang pada akhirnya memperoleh traksi serta pada akhirnya dapat dibelokan. Ini begitu bermanfaat saat jalanan tengah licin atau berpasir serta lakukan force braking. 


Brake Assist (BA) terlebih dulu BA di ciptakan lantaran ada beberap kecelakaan yang berlangsung lantaran si pengemudi tak optimal mencapai rem, tak tahu lantaran terlambat atau telah cemas duluan hingga sangat ketakutan saat hadapi tabrakan. Jadi BA menolong menghimpit rem. Jadi meskipun rem cuma diinjak sedikit system telah dengan cara automatis memberikan power untuk menolong memberi kekuatan pengereman. BA juga umumnya membaca pelepasan kaki pada pedal gas dengan cara mendadak serta dan beralih ke rem. 

Electronic Brake Force Distribution (EDB) tehnologi ini mengatur penyebaran rem disetiap ban sesuai sama kebutuhannya, lantaran dalam sebagian keadaan tiap-tiap roda mempunyai keperluan yang tidak sama saat bakal mengerem, seperti satu diantaranya saat mobil tengah mengangkut banyak barang. Ketidaksamaan lebih terlihat pada mobil dengan barang bawaan atau tak. kerana dengan keadaan pengereman yang sama, namun akhirnya bakal tidak sama. tetapi dengan EBD masalah itu bakal teratasi.

Sebagai referensi, simak juga informasi Harga Regulator Assy.

No comments:

Post a Comment