Thursday, March 30, 2017

Ganti Seal Kit Saat Kopling Mobil Nyeplos

Trouble di perjalanan memanglah menyebalkan. Terlebih bila tengah perjalanan ke luar kota. Di daerah yg tidak kita kenal dengan baik. Di hari libur. Bengkel-bengkel pada libur. Toko spare parts juga sama. Bawa anak yang masihlah kecil. Istri yang segera cemberut. Huh! sungguh menyebalkan serta menyedihkan. 

Satu diantara touble yang kerap kita dengarkan yaitu kopling ngelos, kopling nyeplos, kopling ngempos. Atau arti yang lain yang seirama. Semuanya artinya sama. Yakni kopling tak dapat berperan dengan baik, hingga tak dapat memindahkan gigi persnelen 

Penyebabnya hal itu diatas yaitu seal master kopling yang sobek. Hingga desakan pedal kopling yang semestinya disalurkan ke tuas kopling, hilang di perjalanan. Seal yang sobek dapat master atas ataupun master bawah. 

Ganti Seal Kit Saat Kopling Mobil Nyeplos

Supaya kita dapat menangani hal itu diatas, penulis bakal memberi tips untuk pergantian seal master kopling. Yang pertama yaitu pergantian seal master kopling bawah. Berniat kami berikanlah trick ini duluan, lantaran gejalanya umumnya segera fatal. Kopling ngempos, minyak kopling habis. Praktis mobil tak dapat jalan. 

Peralatan: 

1. Seal kita master bawah. Baiknya kitas siapkan sebagai cadangan di Minimum, jikalau kita tak dapat kerjakan sendiri, tinggal mencari mekanik serta tak perlu ribet mencari toko di daerah yg tidak kita kenal dengan baik. Penulis merekomendasikan untuk membawa seal kit, yang terbagi dalam piston komplit dengan seal karet yang terpasang, per, serta karet boot. Untuk mobil FL, kita dapat memakai seal kit master mobil type lain seperti truk, L300 atau yang lain. Semuanya sama seandainya ukurannya ¾ inch. Penulis merekomendasikan untuk pilih seal kit yang mempunyai seal karet dobel (2 buah seal pada satu piston). 
2. Minyak kopling. Macamnya sama juga dengan minyak rem. 
3. Kunci 8, 10 serta 12. 
4. Obeng 

Beberapa langkah: 
  • Kendorkan baut nipple. Lalu bebaskan. Kerjakan dengan hati-hati. Jangan pernah Pipa ledengnya patah. Bila hingga patah, jadi alamat rusaknya makin kronis. 
  • Kendorkan serta bebaskan tuas master yang terikat dengan baut dari batang tuas kopling. 
  • Bebaskan master kopling bawah dari dudukannya. Dengan melepas 2 baut yang mengikatnya.
  • Master kopling telah terlepas. Bawa ke tempat yang bersih. 
  • Bebaskan piston lewat cara memukul-mukulkan master pada kayu atau benda lain hingga piston muncul. Jika memang perlu, semprot gunakan WD. Tarik piston dengan memakai tang.
  • Bersihkan master kopling hingga bersih. Jika memang perlu, bersihkan dengan memakai sabun. 
  • Masukan piston pengganti. 
  • Gunakan tuas master serta bootnya. 
  • Gunakan master pada dudukannya. Gunakan nipple dengan benar. Gunakan tuas master dengan tuas kopling. 
  • Kerjakan sistem pembuangan angin di saluran minyak kopling. Langkahnya seperti waktu kita buang angin pada rem. 
  • Pompa lewat cara mencapai pedal kopling berkali-kali. Buang angin. Kerjakan hingga merasa desakan pada pedal merasa padat. 
Nah, sistem pergantian telah usai. Itulah yang bisa saya informasikan kepada pembaca. Semoga Bermanfaat.

Simak juga informasi menarik mengenai Harga Booster Berbagai Type Mobil.

No comments:

Post a Comment